Dentuman di Langit, Fenomena apa itu ?

Oleh Christine Widianingrum
09 Februari 2021

Hallo sobat Edusainsa semua, sudah mendengar berita akhir-akhir ini tentang adanya dentuman di langit ? Nah, untuk mempelajari fenomena apa itu maka kami berikan informasi seputar tanya jawab tim Humas Pussainsa dengan Peneliti Madya, Dr. Rhorom Priyatikanto di Pusat Sains Antariksa tentang fenomena tersebut. Yuk simak di bawah ini!

1. Apa pengertian dentuman ?

Jawaban : Dentuman adalah suara berat (frekuensi rendah) dan keras (amplitudo tinggi) yang menyerupai suara meriam atau ledakan. 

2. Apa penyebab terjadinya suara dentuman ?

Jawaban :  Suara dentuman yang terdengar dari langit bisa dipicu oleh sejumlah mekanisme. Bisa letusan gunung, petir, atau bahkan sonic boom yang dihasilkan oleh meteor besar yang hampir mencapai permukaan Bumi. Kadang, terjadi perambatan suara yang istimewa (ducting) sehingga suara dari sumber yang jauh dapat terdengar.

3. Apakah dentuman itu berbahaya ?

Jawaban : Dentuman tidak berbahaya, kecuali bila teramat keras hingga mampu menggetarkan dan memecahkan kaca. Dentuman kuat bisa terjadi ketika ada meteor besar yang jatuh.

4. Apakah ada penelitian khusus tentang dentuman-dentuman yang terjadi sekarang ini dari Tim DSS (Decision Support System) Benda Jatuh ?

Jawaban : Belum ada penelitian khusus tentang dentuman semacam ini. Beberapa tahun lalu sempat ada penelitian tentang meteor dalam kaitannya dengan respon ionosfer, bukan dalam konteks benda jatuh antariksa

5. Seperti yang disampaikan BMKG untuk dentuman di Malang itu apakah memang disebabkan karena petir ?

Jawaban : Bisa jadi, tapi belum dapat dipastikan tanpa ada informasi dan data yang akurat. Pada prinsipnya, dentuman yang berulang dalam rentang waktu yang cukup lama (sesuai kesaksian warga) amat mungkin berkaitan dengan petir atau letusan gunung. Dentuman dari meteor berlangsung singkat karena proses jatuhnya meteor pun terjadi dalam waktu singkat.

Sumber : pixabay.com

Nah, bagaimana apakah tanya jawab di atas menjawab rasa ingin tahu sobat Edusainsa semua, semoga menjawab ya dan terus ikuti informasi-informasi seputar fenomena antariksa di web edukasi sains antariksa ini ya!

Comments