Glosarium Astronomi

Oleh A. Gunawan Admiranto
20 Oktober 2020

 

 

Adams, John Couch (1819-1892)

            Seorang astronom Inggris yang pada tahun 1845 meramalkan adanya planet yang teletak di seberang Uranus dengan mempelajari gangguan yang dialami orbit Uranus. Astronom Prancis Le Verrier membuat prediksi yang sama dan kemudian hasilnya diserahkan ke Observatorium Berlin di mana selanjutnya para astronom di obsertvatorium ini berhasil menemukan Uranus pada 24 September 1846.

 

akondrit (achondrite)

Meteorit batuan yang tidak mengandung kondrul.

 

akresi

            Berkumpulnya gas dan debu menjadi benda-benda yang lebih besar, seperti planet, bulan (satelit) atau bintang.

 

akresi, piringan

            suatu piringan yang mengelilingi sebuah bintang atau objek di mana dari piringan ini materi jatuh ke bintang atau objek yang dikelilinginya.

 

albedo

            Daya pantul suatu benda yang dinyatakan dengan perbandingan intensitas cahaya yang datang dengan intensitas yang bisa dipantulkannya.

 

Alfvén, gelombang

            Gelombang hidromagnet yang bergerak sepanjang garis gaya medan magnet. Gelombang ini menjadi sumber utama mekanisme percepatan partikel yang bermuatan di dalam plasma.

 

Alfvén, konduktansi

            Konduktansi plasma yang mendapatkan pengaruh medan magnet.

 

Algol

            Sebuah pasangan bintang ganda yang terletak di konstelasi Perseus. Salah satu contoh bintang ganda gerhana yang paling terkenal. Algol A yang menjadi bintang primer 3,7 kali lebih besar massa daripada Algol B yang menjadi bintang sekundernya, di mana massa Algol B ini adalah sebesar 0,8 massa Matahari. Perioda orbit sistem ini adalah 68,8 hari.

 

Algol, paradoks

            Sebuah pasangan bintang ganda di mana anggota pasangan yang massanya lebih kecil sudah lebih lanjut evolusinya daripada pasangannya. Ini bisa dijelaskan dengan proses terjadinya hantaran massa melalui proses peluberan lingkup Roche dari bintang tersebut saat mengalami pengembangan sehingga pasangannya yang masih berada di deret utama mendapatkan tambahan massa. 

 

altitud (ketinggian) ukuran sudut yang menyatakan ketinggian sebuah benda langit diukur dari horizon. Nol derajat berarti benda langit berada di horizon, 90 derajat berarti benda langit berada di zenit, -90 derajat berarti benda langit berada di Nadir

 

aldebaran (Alfa Tauri, Paricilium)

          Bintang di konstelasi Taurus yang paling terang di antara bintang penyusun konstelasi Taurus lainnya.

 

andesit

            Batuan vulkanik yang sebagian besar tersusun dari plagioklas, feldspar, dan piroksin.

 

angin surya (solar wind)

            Pancaran partikel berenergi tinggi dari korona Matahari.

 

antar bintang, materi

            Gas dan debu yang ada di ruang antar bintang.

 

antar planet, materi

            Gas dan debu yang terletak dalam ruang antar planet.

 

aperture synthesis

Teknik dalam radio astronomi agar beberapa teleskop radio memiliki kemampuan seperti sebuah teleskop radio yang diameternya jauh lebih besar. Beberapa teleskop radio yang terpisah jauh dan terhubung secara elektronik diarahkan untuk mengamati satu bagian langit yang sama. Ketika Bumi berotasi semua teleskop ini bergerak mengikuti rotasi Bumi ini dan lintasannya membentuk sebuah busur sehingga semua teleskop ini seolah-olah menjadi sebuah teleskop besar yang diameternya jauh lebih besar daripada diameter masing-masing teleskop tersebut kalau beroperasi sendiri-sendiri. Hasil yang diperoleh semua teleskop ini digabungkan menggunakan komputer sehingga citra yang diperoleh menjadi jauh mendetail dibandingkan dengan yang diperoleh satu teleskop saja.

 

aphelion

            Titik terjauh dalam orbit planet yang bergerak mengelilingi Matahari.

 

apoge

titik terjauh suatu benda langit terhadap Bumi.

.

asensio rekta

            Koordinat untuk mencari kedudukan suatu benda langit dalam arah barat-timur dalam sistem koordinat ekuatorial.

 

asosiasi

            Sekelompok bintang di langit yang bila dilihat dari posisi, pergerakan dan tipe spektrumnya menyarankan bahwa mereka terbentuk bersama-sama.

 

asosiasi OB

            Asosiasi bintang yang sebagian besar anggotanya adalah bintang-bintang tipe O dan B.

 

asterisma

 suatu pola bintang yang diakui dalam budaya masyarakat tertentu dan dapat menjadi bagian dari konstelasi (misal: Teapot (teko) yang disebut juga Al-Na’aim (Burung Unta), merupakan bagian dari konstelasi Sagitarius dan Gugus Pleiades yang disebut juga Kartika dan Tsuraya yang merupakan bagian dari konstelasi Taurus), berbagai konstelasi (misal: Segitiga Musim Panas yang terdiri dari dari Altair (Alfa Aquillae) di Aquilla, Deneb (Alfa Cygni) di Cygnus dan Vega (Alfa Lyrae) di Lyra) maupun hanya sebuah bintang dari konstelasi tertentu (misal: Spica (Alfa Virginis) yang disebut juga as-Simak dan Caitra, merupakan bagian dari konstelasi Virgo)

 

 

asteroid

            Benda langit yang mengorbit Matahari dan ukurannya lebih kecil dari ukuran planet tetapi tidak memiliki ciri-ciri yang dimiliki komet. Biasa disebut juga planet minor.

 

asteroid Amor

            Asteroid yang memiliki jarak perihelion di antara 1,017 dan 1,3 satuan astronomi.

 

asteriod Apollo

            Asteroid yang setengah sumbu panjangnya lebih besar dari 1 satuan astronomi dan jarak perihelionnya kurang dari 1,017 satuan astronomi.

 

asteroid pendekat Bumi (earth-approaching asteroid)

            Asteroid-asteroid yang orbitnya memotong orbit Bumi atau suatu saat akan memotong orbit Bumi akibat gravitasi Bumi. Asteroid ini terbagi menjadi dua, yaitu asteroid Apollo yang sekarang orbitnya memotong orbit Bumi dan asteroid Amor dan Aten yang sedang tidak memotong orbit Bumi.

 

asteroid, sabuk

            Daerah di antara orbit Mars dan Jupiter yang merupakan tempat kedudukan sebagian besar asteroid. Sabuk utama berada pada jarak 2,2 sampai 3,3 satuan astronomi dari Matahari.

 

asteroid Troya

            Asteroid-asteroid yang jarak orbitnya sama dengan jarak orbit Jupiter, tetapi berada pada jarak 60o di depan atau di belakang Jupiter.

 

asthenosfer

            Lapisan batuan yang lentur, terletak di bawah litosfer (kerak Bumi).

 

astrofisika

            Bagian astronomi yang membahas fisika bintang, sistem bintang dan materi antar bintang. Astrofisika juga membahas struktur dan fisika Matahari serta planet-planet.

 

astrologi

            Ilmu/pseudoilmu yang membahas pengaruh konfigurasi dan posisi Matahari, bulan, bintang dan planet-planet pada nasib manusia. Ilmu ini berasal dari zaman Babilonia Kuno.

 

astronomi, satuan

            Setengah sumbu panjang orbit benda langit yang memiliki massa dan perioda orbit sama dengan perioda orbit Bumi. Besaran ini dipakai sebagai satuan jarak dalam telaah tentang tata surya kita dan berharga 149.600.000 km.

 

aurora

            Cahaya yang dipancarkan oleh atom dan ion di ionosfer. Biasa terjadi di daerah kutub.

 

azimuth

            Sudut pada horison langit yang diukur ke arah timur dari titik utara ke titik potong horison dengan lingkaran yang melewati suatu benda langit.

 

basalt

            Batuan beku berwarna hitam yang kaya akan magnesium dan besi. Biasanya berasal dari letusan gunung berapi.

 

benda hitam

            Benda yang menyerap dan memancarkan semua radiasi yang datang padanya.

 

benua, pergeseran

            Pergerakan benua-benua di Bumi akibat tektonik lempeng.

 

berat, unsur-unsur

            Dalam astronomi, ini adalah unsur-unsur yang lebih berat dari helium (nomor atomnya lebih besar).

 

besar, lingkaran

            Lingkaran pada permukaan bola Bumi atau langit hasil irisan bidang datar yang melalui pusat bola itu.

 

bintang ganda

            Suatu sistem yang terdiri atas dua bintang atau lebih yang saling memberikan pengaruh satu sama lain secara gravitasi sehingga jalan evolusi masing-masing anggota menjadi berbeda dengan evolusi bintang tunggal.

 

bintang ganda astrometrik

            Bintang ganda yang kegandaannya dipastikan dari adanya gerak bergelombang yang dimiliki bintang yang mendapatkan pengaruh gravitasi dari pasangannya yang tidak tampak.

 

bintang ganda gerhana

            Sebuah pasangan bintang ganda di mana bidang orbit pasangan ini nyaris terletak segaris pandang dengan pengamat. Secara periodik bintang sekunder (yang massanya lebih kecil) yang lebih redup cahayanya akan menutupi bintang primer sehingga pancaran cahaya seluruh sistem akan sedikit berkurang secara periodik juga.

 

bintang ganda kontak

            Bintang ganda yang masing-masing anggotanya sudah cukup lanjut evolusinya sehingga aliran materi dari keduanya membentuk selubung yang melingkupi kedua bintang tersebut.

 

bintang ganda semi terpisah (semi detached binary)

            Pasangan bintang ganda yang salah satu anggotanya mengisi lingkup Roche sehingga terjadi aliran massa ke pasangannya.    

 

bintang ganda spektroskopik

            Pasangan bintang ganda yang kegandaannya bisa dilihat dari spektrumnya, yaitu ketika pengamat melihat pergeseran Doppler dari garis-garis spektrum bintang ganda tersebut, di mana secara periodik spektrum satu komponen bergeser ke arah biru dan komponen lainnya bergeser ke arah merah. Ada bintang ganda spektrokopik bergaris ganda di mana kita bisa melihat dua spektrum secara bersamaan, tetapi ada juga bintang ganda spektrokopik bergaris tunggal di mana kita hanya bisa melihat satu spektrum saja.

 

bintang ganda terpisah (detached binary)

            Bintang ganda yang walaupun terikat secara gravitasi, masing-masing komponennya masih berdiri sendiri.

 

bintang ganda visual

            Pasangan bintang ganda yang kegandaannya bisa dilihat secara visual dengan menggunakan teropong. Pengamatan bintang ganda ini selama beberapa waktu bisa memberikan informasi tentang orbit, massa, dan tingkat evolusinya. Salah catu contoh bintang ganda visual ini adalah Alpha Centauri.

 

bintang katai coklat

            Hasil keruntuhan gravitasi suatu proto bintang tetapi massa bintang yang terbentuk tidak cukup besar untuk mengakibatkan berlangsungnya reaksi termonuklir di intiya. Massa bintang yang terbentuk hanya sekitar 8% massa Matahari. Bintang seperti ini akan bersinar selama 100 juta tahun akibat perubahan energi gravitasi menjadi panas.

 

bintang katai putih   

            Bintang yang massanya sama dengan Matahari, tetapi hanya sebesar Bumi. Kerapatan bintang ini sejuta kali kerapatan air. Bintang katai putih adalah hasil akhir evolusi bintang di mana reaksi termonuklir yang berlangsung di intinya sudah berhenti sehingga bintang runtuh akibat gravitasinya dan ukurannya menjadi sangat kecil. Bintang katai putih pertama kali ditemukan pada tahun 1862 yang mengorbit bintang Sirius. Fisika bintang katai putih pertama kali dikembangkan oleh Subrahmanyan Chandrasekhar

 

bintang variabel

            Bintang yang cahayanya berubah-ubah, dan perubahan ini bisa berlangsung periodik seperti pada cepheid, bintang ganda gerhana, dan bintang variabel yang berdenyut, atau tidak seperti yang terjadi pada bintang variabel kataklismik. Sekarang sudah ditemukan sangat banyak bintang variabel dan kemudian dimasukkan ke dalam satu katalog khusus bintang variabel.

bintang variabel cepheid

            Bintang variabel yang namanya diambil dari bintang jenis ini yang pertama kali ditemukan, yaitu delta Cephei, oleh John Goodricke pada tahun 1784. Cepheid sangat penting karena bisa dipakai untuk menentukan jarak karena antara luminositas dan periodanya terdapat hubungan yang sangat erat.

 

bintang variabel berdenyut

            Bintang variabel di mana lapisan luar bintang tersebut mengembang dan mengerut secara periodik, dan yang termasuk kelas ini adalah cepheid dan RR Lyrae.      

 

bintang variabel kataklismik

            Bintang variabel yang merupakan sebuah pasangan bintang ganda di salah satu anggotanya adalah sebuah bintang katai putih mana variabilitasnya berasal dari jatuhnya materi bintang ke bintang katai putih ini yang mengakibatkan terjadinya reaksi termonuklir di permukaan bintang katai putih ini sehingga terjadi peningkatan luminositas secara mendadak. 

 

Bintang variabel RR Lyrae

            Bintang variabel yang mirip cepheid tetapi periodanya lebih pendek, sekitar 9-17 jam. Bintang-bintang ini adalah bintang raksasa yang panas dan menjadi anggota bintang Populasi II dengan kelas spektrum A atau F.

 

bintang Wolf-Rayet

            Bintang yang sangat panas dan melepaskan bagian terluarnya dengan kecepatan yang amat tinggi sehingga lapisan bagian dalamnya bisa terlihat.

 

biosfer

            Wilayah kehidupan yang terdapat di Bumi, termasuk di dalamnya adalah atmosfer, hidrosfer, tanah, dan litosfer (kerak Bumi) sampai kedalaman 2 km.

 

Bok, globule

            Awan materi gelap yang ditemukan pertama kali oleh Bart J. Bok pada tahun 1947 yang pada suatu saat runtuh menjadi bintang.    

 

bola langit

 bola khayal pada angkasa dengan radius tak hingga yang tampak berotasi, sepusat (konsentrik) dan segaris sumbu (koaksial) dengan Bumi serta semua benda langit berada di dalam kulitnya.

 

bolide

(Bola Api, dikenal juga sebagai Fireball), Meteor yang cahayanya lebih terang daripada penampakan planet Venus saat senja atau fajar.

 

breksi (breccia)

            Batuan yang tersusun dari pecahan-pecahan batuan. Terbentuk oleh panas dan tekanan yang tinggi akibat benturan meteorit.

bremsstrahlung

            Radiasi yang dipancarkan elektron saat elektron itu mengalami  perlambatan oleh medan yang ditimbulkan suatu ion. Terjemahan bebasnya adalah “radiasi pengereman”.

 

Bulan baru

            Fasa bulan saat bujurnya sama dengan bujur Matahari.

 

Bulan Biru (dikenal juga sebagai Blue Moon)

 Bulan purnama ketiga dalam satu musim astronomis yang mengandung empat Bulan purnama (normalnya, satu musim astronomis mengandung tiga Bulan purnama), disebut juga Bulan Biru Musiman (Seasonal Blue Moon); Bulan purnama kedua dalam satu bulan kalender Masehi yang mengandung dua Bulan purnama, disebut juga Bulan Biru Bulanan (Monthly Blue Moon). Bulan Biru terjadi setiap 2-3 tahun.

 

Bulan bungkuk

            Fasa bulan saat lebih dari setengah permukaan bulan kelihatan dari Bumi.

 

Bulan Hitam (dikenal juga sebagai Black Moon)

Bulan baru ketiga dalam satu musim astronomis yang mengandung empat Bulan baru (normalnya, satu musim astronomis mengandung tiga Bulan baru), disebut juga Bulan Hitam Musiman (Seasonal Black Moon); Bulan baru kedua dalam satu bulan kalender Masehi yang mengandung dua Bulan baru, disebut juga Bulan Hitam bulanan (monthly Black Moon). Bulan Hitam terjadi setiap 2-3 tahun.

 

Bulan Mikro (Micro Moon)

Bulan purnama ataupun Bulan baru yang waktu kejadiannya berdekatan dengan Apoge Bulan. Untuk Bulan purnama disebut Bulan Purnama Mikro (Micro Full Moon), sementara untuk Bulan baru disebut Bulan Baru Mikro (Micro New Moon). Terjadi empat hingga enam kali dalam setahun.

 

Bulan purnama

            Fasa bulan saat berada dalam posisi oposisi (180o dari Matahari.)

 

Bulan sabit

            Fasa bulan saat sudut elongasinya dari Matahari kurang dari 90o dan permukaan yang kelihatan dari Bumi kurang dari setengahnya.

 

Bulan Super (Super Moon)

Bulan purnama ataupun Bulan baru yang waktu kejadiannya berdekatan dengan Perige Bulan. Untuk Bulan purnama disebut Bulan Purnama Super (Super Full Moon), sementara untuk Bulan baru disebut Bulan Baru Super (Super New Moon). Terjadi empat hingga enam kali dalam setahun.

 

cabang horisontal

            Daerah pada diagram Hertzsprung-Russell gugus bola yang menjadi tempat kedudukan bintang-bintang yang telah kehilangan massanya dalam evolusinya dan memiliki magnitudo mutlak yang sama (Mv sekitar nol).

 

cahaya, tahun

            Satuan jarak dalam astronomi yang menyatakan jarak yang ditempuh cahaya selama satu tahun, besarnya adalah 9,46x109 km.

 

cahaya, kerucut

            Daerah berbentuk kerucut di atas sebuah benda langit yang memiliki medan gravitasi yang sangat besar. Di dalam daerah ini cahaya yang dipancarkan dari permukaan benda langit akan merambat lurus ke atas, tetapi di luar daerah ini cahaya akan melengkung dan tertarik kembali ke permukaan benda langit ini akibat gravitasinya yang amat kuat.

 

cekungan (basin)

            Daerah lebar (diameter lebih besar dari 200 km) pada suatu planet berbentuk lingkaran yang lebih rendah dari daerah sekitarnya dan biasanya dikelilingi pegunungan. Daerah ini terbentuk akibat benturan asteroid pada permukaan planet itu.

 

centaur

            Anggota tata surya yang orbitnya terletak di antara orbit Saturnus dan Neptunus. Contoh dari objek ini adalah Chiron. Bentuk objek-objek ini bermacam-macam, ada yang mirip komet, dan ada yang mirip asteroid. Orbitnya menunjukkan bahwa mereka belum lama sampai di kedudukannya yang sekarang, dan kebanyakan ahli berpendapat bahwa mereka adalah Objek Sabuk Kuiper yang mengalami migrasi.

 

Cerenkov, radiasi

            Radiasi yang dipancarkan elektron saat elektron itu bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya.

 

Chandrasekhar, batas

            Batas massa bintang tertinggi suatu bintang untuk bisa menjadi sebuah bintang katai/bajang putih; besarnya adalah 1,44 massa Matahari.

 

Chandrasekhar, Subrahmanyan (1910-1995)

            Ahli astrofisika kelahiran India yang terkenal dengan teori bintang katai putih yang atas jasanya bagi ilmu pengetahuan mendapatkan hadiah Nobel  untuk fisika pada tahun 1983.

 

charged-coupled-device (CCD)

            Sejenis detektor elektronik yang dipasang pada fokus sebuah teleskop. Alat ini sejenis dengan kamera fotografis yang memiliki kepekaan yang sangat tinggi.

 

chassignite

            Sejenis meteorit yang mungkin berasal dari planet Mars.

 

coesite

            Sejenis silikat yang sangat padat, terbentuk akibat panas dan tekanan yang tinggi akibat benturan meteorit.

 

coma

            Selubung gas dan debu yang mengelilingi inti komet yang masih aktif.

 

cubewano

            Satu kelas anggota Objek Sabuk Kuiper yang biasa disebut sebagai Objek Sabuk Kuiper klasik. Nama ini diambil dari nama Objek Sabuk Kuiper klasik yang pertama kali ditemukan yaitu (15760) 1992 QB1. Setengah sumbu panjang objek ini adalah 40-50 SA.

 

daya pisah (resolving power)

            Kemampuan suatu alat optik untuk menghasilkan bayangan sehingga benda-benda yang cukup kecil bisa kelihatan jelas. Pada sebuah teleskop ini berarti jara terkecil di langit yang bisa dipisah­kan teleskop itu.

 

deferent

            Lintasan pergerakan episikel yang berbentuk lingkaran dalam sistem semesta Ptolomeus.

 

degenerasi, gas ter-

            Gas yang elektron-elektronnya sudah mengisi penuh keadaan-keadaan yang diijinkan oleh prinsip eksklusi Pauli. Gas yang berada dalam keadaan ini mengikuti hukum yang berbeda dengan gas biasa.

 

deklinasi

            Koordinat suatu benda langit dalam arah utara-selatan pada sistem koordinat ekuatorial.

 

deret utama

            Daerah pada diagram Hertzsprung-Russell tempat kedudukan sebagian besar bintang yang bersinar karena sedang melakukan pembakaran hidrogen menjadi helium di intinya. Sembilan puluh persen bintang terang masuk golongan deret utama. Bagian ini memanjang dari kiri atas ke kanan bawah.

 

deret utama umur nol (zero age main sequence)

            Deret utama tempat kedudukan bintang-bintang yang baru memulai tahap pembakaran nuklir di pusatnya sehingga komposisi kimianya belum banyak terpengaruh oleh reaksi termonuklir.

 

deuterium

            Isotop hidrogen yang memiliki satu proton dan satu netron.

 

diapirisme

            Proses menerobosnya materi dari bagian kerak sebuah planet ke permukaannya, biasanya ini menghasilkan gejala gunung lumpur (mud volcano) seperti yang terjadi di Lapindo Brantas.

 

diferensiasi

            Proses yang dialami sebuah planet di mana akhirnya planet itu memiliki lapisan-lapisan dengan komposisi kimia dan mineral yang berbeda.

 

dipol

            Bentuk medan magnet yang paling sederhana, garis-garis gayanya berasal dari satu kutub utara dan bermuara di satu kutub selatan.

 

Doppler, pergeseran

            Perubahan frekuensi suatu pancaran gelombang yang nampak pada seorang pengamat akibat pergerakan sumber pancaran gelombang itu terhadap pengamat.

 

Eddington, Arthur Stanley (1882-1944)

            Seorang ahli astrofisika yang menjadi tokoh astronomi Inggris pada zaman sebelum Perang Dunia II. Dia terkenal akan penelitiannya tentang struktur bintang dan itu dituangkannya dalam buku The Internal Constitution of the Stars. Ia adalah orang yang pertama kali membuktikan kebenaran teori relativitas umum Einstein ketika pada tahun 1919 melakukan ekspedisi pengamatan gerhana Matahari total di Pulau Principe, dekat Afrika. 

 

efek rumah kaca (green house effect)

            Terperangkapnya radiasi infra merah oleh gas-gas yang ada di atmosfer sebuah planet. Peristiwa ini mengakibatkan kenaikan temperatur permukaan planet itu.

 

efek rumah kaca, perusakan (runaway green house effect)

            Pemanasan pada suatu planet yang mengakibatkan efek rumah kacanya semakin dahsyat dan mengakibatkan pemanasan lebih lanjut. Proses ini mengakibatkan perubahan temperatur permu­kaan planet dan struktur atmosfernya sampai dicapainya kesetimbangan yang baru.

 

efemeris

            Tabel yang memuat kedudukan benda-benda langit dalam waktu-waktu yang berbeda.

 

ekliptika

            Tempat kedudukan lintasan semu Matahari di langit.

 

eksentrisitas

            Suatu besaran yang menentukan bentuk sebuah elips, yang menunjukkan perbandingan antara jarak fokus dengan sumbu panjang elips itu.

 

eksogen

            Dalam geologi ini berarti proses yang berlangsung akibat gaya-gaya dari luar, seperti jatuhnya meteorit.

 

eksosfer

            Bagian terluar lapisan atmosfer. Di sini atom-atom dan molekul mudah sekali terlepas ke angkasa luar akibat tumbukan antara sesamanya.

 

ekstra galaksi

            Di luar sistem galaksi kita (galaksi Bima Sakti).

 

ekuator

            Lingkaran besar di Bumi yang berjarak 90o dari kutubnya.

 

ekuator langit

            Perluasan ekuator Bumi sampai memotong bola langit.

 

ekuinoks (equinox)

            Titik potong ekliptika dengan ekuator langit.

 

ekuinoks, autumnal

            Titik di bola langit tempat kedudukan Matahari saat Matahari menyeberang ekuator langit dari utara ke selatan. Peristiwa ini berlang­sung tiap tanggal 23 September.

 

ekuinoks, presesi

            Gerakan titik ekuinoks ke arah barat sepanjang ekliptika akibat presesi.

 

ekuinoks, vernal

            Titik di bola langit tempat kedudukan Matahari saat Matahari menyeberang ekuator langit dari selatan ke utara. Peristiwa ini berlangsung tiap tanggal 21 Maret.

 

elektromagnetik, gaya

            Salah satu dari empat gaya dasar di alam. Gaya ini adalah gaya yang mengikat atom dan molekul serta yang beraksi pada muatan-muatan listrik.

 

elips

            Salah satu bentuk irisan kerucut. Elips terbentuk bila sebuah bidang datar memotong kerucut dalam arah yang tidak sejajar alasnya.

 

elongasi

            Selisih bujur sebuah planet dengan Matahari.

 

emisi, garis

            Garis terang pada suatu spektrum.

 

emisi, spektrum

            Spektrum yang tersusun dari beberapa garis emisi.

 

endogen

            Dalam geologi, ini berarti proses yang berlangsung akibat gaya-gaya dari dalam sebuah planet seperti gempa dan kegiatan vulkanisme.

episikel (epicycle)

            Lintasan benda langit dalam sistem Ptolomeus yang berbentuk lingkaran. Pusat episikel ini mengitari titik lain (deferent).

equant

            Suatu titik stasioner dalam sistem orbit Ptolomeus yang tidak terletak di pusat orbit sebuah episikel.

 

faculus (j. faculae)

            Daerah terang di dekat tepi piringan Matahari.

 

fase perbani akhir

            Salah satu fase Bulan ketika konfigurasi antara Matahari, Bumi dan Bulan membentuk sudut siku-siku (90°) dan terjadi setelah fase Bulan purnama.

 

feldspar

            Mineral silikat yang kaya aluminium dan kadang-kadang disertai dengan natrium, kalsium dan kalium.

fisi

            Pecahnya suatu atom berat menjadi dua atau lebih atom lain yang lebih ringan.

 

flare

            Pancaran cahaya terang di suatu daerah di Matahari yang berlangsung singkat.

 

fluks

            Laju lewatnya energi/materi melewati suatu satuan luas permu­kaan.

 

foton, bola

            Bola yang melingkungi sebuah lubang hitam. Bola ini berjari-jari 1,4 jari-jari horison peristiwa dan di dalam bola ini foton memiliki lintasan berbentuk lingkaran.

 

fotosfer

            Bagian permukaan Matahari yang kelihatan, tempat dipancarkan­nya radiasi ke luar angkasa.

 

Fraunhofer, garis

            Garis absorpsi pada spektrum Matahari.

 

fusi

            Pembentukan atom-atom berat dari atom yang lebih ringan.

 

galaksi

            Bintang-bintang yang membentuk suatu kelompok besar. Sebuah galaksi bisa mengandung milyaran bintang.

 

galaksi aktif

            Galaksi yang memancarkan energi dengan cukup dahsyat dari intinya. Energi ini diduga datang dari proses akresi masa ke sebuah lubang hitam yang terdapat di intinya.

 

Galaksi Bima Sakti

            Galaksi tempat kedudukan Matahari.

galaksi elips

            Galaksi yang berbentuk elips.

galaksi, gugus

            Gugusan bintang muda yang terletak di lengan-lengan spiral galaksi.

 

galaksi, rotasi diferensial

            Rotasi galaksi yang tidak seperti rotasi sebuah benda tegar.

 

galaksi Seyfert

            Salah satu contoh galaksi aktif di mana galaksi jenis ini dicirikan dengan adanya pancaran radiasi yang amat terang yang datang dari intinya.

 

galaksi spiral

            Galaksi berbentuk piringan pipih dengan lengan-lengan spiral tempat kedudukan bintang-bintang muda menjulur dari pusatnya.

 

galaksi spiral berbatang

            Galaksi berbentuk piringan seperti galaksi spiral, tetapi lengan-lengan spiralnya tidak menjulur dari pusat, melainkan dari batang yang menjulur dari pusatnya.

 

Galilean, satelit

            Satelit-satelit Jupiter yang terbesar, yaitu Io, Ganymede, Callisto dan Europa. Satelit-satelit ini ditemukan oleh Galileo.

 

gelombang kerapatan

            Model yang diusulkan oleh C. C. Lin dan F. Shu untuk menjelaskan adanya pola lengan spiral galaksi. Gelombang kerapatan ini bergerak mengitari pusat galaksi dengan kecepatan yang lebih rendah daripada kecepatan rotasi galaksi (30 km/detik). Gelombang ini akan menghasilkan gelombang kejut yang mengakibatkan terjadinya pemampatan materi antar bintang sehingga memicu pembentukan bintang.   

 

geomagnetik, kutub

            Kutub sebuah magnet batang hipotesis yang garis-garis gaya medan magnetnya berimpit dengan garis-garis gaya medan magnet Bumi.

 

geomorfologi

            Telaah tentang asal-usul bentuk-bentuk permukaan Bumi.

 

gerhana

            Terhalangnya cahaya yang dipancarkan suatu obyek oleh obyek lain yang ukuran sudutnya hampir sama besar. Bandingkan dengan okultasi.

 

granulasi

            Keadaan fotosfer yang berbercak-bercak akibat sel-sel konveksi yang saling berdekatan.

 

gravitasi

            Gaya tarik menarik antar benda/partikel.

 

gravitasi diferensial, gaya

            Selisih gaya gravitasi yang dialami oleh titik-titik di suatu benda yang masing-masing berbeda jaraknya dengan benda yang memberikan gaya gravitasi itu.

 

gravitasi, konstanta (G)

            Konstanta dalam hukum gravitasi Newton. Dalam sistem metrik besaran ini berharga 6,673 x 10-11 newton m2/det2.

 

gravitasi, lensa

            Konfigurasi benda-benda langit sedemikian sehingga salah satu benda menghasilkan bayangan benda langit lainnya akibat adanya pembelokan cahaya oleh medan gravitasi­nya.

 

gravitasi, pergeseran merah

            Pergeseran panjang gelombang radiasi gelombang elektromagnetik saat begerak mendekati atau menjauhi suatu medan gravitasi. Bila radiasi bergerak mendekati medan gravitasi panjang gelombangnya bergeser ke arah biru, dan bila menjauhi medan akan bergeser ke arah merah.

 

gugus bola

            Kumpulan bintang yang sangat padat berbentuk bola dan anggotanya mencapai jutaan bintang. Gugus bola yang terdapat di galaksi kita tersebar merata mengelilingi galaksi kita membentuk sebuah bola. Gugus bola mengandung bintang-bintang Populasi II yang sebagian besar telah berevolusi menjadi bintang raksasa merah. 

 

gunung api perisai

            Gunung api dengan kaki yang sangat lebar, terbentuk dari lava yang sangat cair dan kadang-kadang memiliki kaldera di puncaknya. Contoh gunung jenis ini adalah gunung-gunung api di kepulauan Hawaii dan di daerah Tharsis di planet Mars.

 

HI, daerah

            Daerah di ruang antar bintang yang mengandung gas hidrogen dalam bentuk atom netral. Daerah ini biasanya menjadi tempat kelahiran bintang dan memiliki diamaeter sekitar 5 pc dan terlalu dingin untuk bisa diamati secara optik tetapi bisa diamati dalam panjang gelombang radio karena ada radiasi gelombang radio dalam panjang gelombang 21 cm yang dipancarkan daerah HI tersebut.      

 

HII, daerah

            Daerah di ruang antar bintang yang memiliki gas hidrogen yang terionisasi di mana ionisasi ini berasal dari bintang muda yang panas yang terdapat di dalam daerah HII ini. daerah ini berbentuk bola dan ukruannya bisa mencapai 200 pc. Kerapatan materi di daerah ini bisa 100 kali kerapatan daerah HI dan temperatur 10000 K dan akibatnya memancarkan radiasi dalam berbagai panjang gelombang seperti infra merah, optik, dan radio. Salah satu contoh yang terkenal dari daerah semacam ini adalah Nebula Orion.

 

Hadley, sirkulasi

            Sirkulasi udara akibat perbedaan suhu dalam arah lintang.

 

halo (bulan atau Matahari)

            Cincin cahaya yang disebabkan oleh pembiasan kristal-kristal es di awan cirrus.

 

halo (galaksi)

            Bagian terluar dari galaksi yang berbentuk bola. Mengandung sedikit bintang dan gugus bola.

 

harmonik, hukum

            Ungkapan lain dari hukum Kepler ketiga. Hukum ini menyatakan bahwa pangkat tiga dari setengah sumbu panjang orbit sebuah planet yang mengelilingi Matahari sebanding dengan kuadrat perioda sideris planet itu.

 

Hayashi, Chusiro (1920- )

            Seorang ahli astrofisika dari Jepang yang memberikan sumbangan cuku besar dalam teori evolusi bintang. Jejak evolusi bintang muda di diagram Hertzsprung-Russell saat menuju deret utama dinamakan jejak Hayashi.   

 

heliopause

            Bagian tepi heliosfer. Di sini tekanan angin surya sama dengan tekanan materi antar planet.

 

helioseismologi

            Teknik analisis bagian dalam Matahari dengan mengamati osilasi (getaran) yang berlangsung di permukaan Matahari.

 

heliosentrik

            Teori yang menganggap Matahari adalah pusat alam semesta.

 

heliosfer

            Bagian ruang antar planet yang dipenuhi oleh gas dan medan magnet Matahari serta angin surya.

 

heliosheath

            Daerah transisi antara heliosfer dengan ruang antar planet.

 

helium, kilatan (helium flash)

            Proses pembakaran helium dalam proses tripel alfa yang berlang­sung di inti bintang raksasa merah.

 

Herbig-Haro, objek

            Nebula antar bintang yang menjadi tempat kedudukan bintang yang baru terbentuk.

Hertzsprung-Russell, diagram

            Diagram yang menunjukkan hubungan magnitudo mutlak suatu bintang terhadap tipe spektrumnya.

 

hiperbola

            Irisan kerucut yang diperoleh dengan memotongkan sebuah bidang datar dengan kerucut secara sejajar dengan sumbu kerucut.

 

hitam, lubang

            Sebuah obyek yang memiliki kecepatan lepas sama atau lebih besar dari kecepatan cahaya sehingga radiasi tidak bisa terpancar dari permukaannya.

 

homopause

            Daerah di atmosfer di mana mulai terdapat lapisan-lapisan gas, tidak seperti pada lapisan di bawahnya di mana gas-gas masih tercampur secara homogen.

 

horison

            Lingkaran besar pada bola langit yang terletak 90odari zenith.

 

horison peristiwa (event horizon)

            Permukaan batas antara sebuah lubang hitam dengan daerah di luarnya dan untuk melepaskan diri dari horison peristiwa ini diperlukan kecepatan lepas sama dengan kecepatan cahaya.

 

horison, sistem koordinat

            Sistem koordinat yang berdasar pada horison dan titik utara. Kedudukan obyek dinyatakan dalam ketinggian dan azimuth.

 

iluminasi (lebih lengkap: fraksi iluminasi)

perbandingan antara luasan bagian benda langit yang terlihat dari Bumi dan terkena cahaya terhadap luasan seluruh piringan, dinyatakan dalam persentase (%). Bulan baru = 0% (kenyataannya tidak tepat 0% disebabkan oleh anggukan/librasi Bulan), Bulan sabit = antara 1 hingga 49%, Bulan perbani = 50% (kenyataannya tidak tepat 50% disebabkan oleh anggukan/librasi Bulan), Bulan Benjol/Cembung = antara 51% hingga 99%, Bulan Purnama = 100% (kenyataannya tidak tepat 100% disebabkan oleh anggukan/librasi Bulan).

 

inklinasi orbit

            Sudut yang dibentuk oleh bidang orbit sebuah benda langit yang mengitari benda lain dengan suatu bidang referensi, seperti ekliptika atau bidang langit.

 

ionopause

            Daerah perbatasan di inti komet tempat terjadinya transisi dari keadaan atom ke ion.

 

ionosfer

            Daerah atmosfer atas suatu planet tempat terionisasinya atom-atom.

 

interferometri

            Teknik dalam astronomi radio di mana dua teleskop radio atau lebih secara bersama-sama mengamati satu objek yang sama. Data yang datang dari masing-masing teleskop digabungkan menjadi satu menggunakan komputer untuk mendapatkan citra radio objek tersebut secara lebih mendetail.

 

iridium

            Unsur tanah jarang (rare-earth element) yang banyak terdapat di meteorit.

 

isostasi

            Keadaan kesetimbangan gaya apung batuan kerak Bumi yang terletak di atas mantel Bumi terhadap gaya gravitasi.

 

isotop

            Unsur dengan jumlah proton yang sama dan netron yang berbeda.

 

janksy

            Satuan pancaran radiasi gelombang radio yang datang dari suatu objek di mana 1 Jy adalah 10-26 watt/m2/Hz.  

 

jarak, modulus

            Selisih magnitudo semu dengan magnitudo mutlak suatu obyek yang bisa digunakan untuk menentukan jarak obyek itu.

 

Jovian, planet

            Planet-planet yang sejenis dengan Jupiter, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

 

kaldera

            Kawah vulkanik yang berasal dari letusan gunung berapi.

 

kanal (di Mars)

            Garis-garis panjang dan sempit berwarna gelap di planet Mars yang menurut Schiaparelli dan Lowell merupakan saluran-saluran yang dibuat makhluk-makhluk cerdas di Mars untuk mengalirkan air dari daerah kutub Mars ke ekuatornya.

 

karbon, siklus

            Reaksi termonuklir berubahnya hidrogen menjadi helium yang berlangsung di dalam bintang dengan karbon sebagai katalisa­tornya.

 

katai

            Bintang deret utama, bukan raksasa atau maha raksasa.

 

katai coklat

            Benda langit yang ukurannya berada di antara bintang dan planet (dua kali massa Jupiter sampai 0.08 kali massa Matahari).

 

katai gelap

            Tahap akhir evolusi bintang saat sumber energinya habis dan tidak bisa lagi memancarkan radiasi.

 

katai putih

            Bintang yang sudah menghabiskan sebagian besar bahan bakarnya dan sudah hampir sampai pada akhir kehidupannya. Bintang sejenis ini memiliki kerapatan yang amat besar.

 

kecepatan lepas (escape velocity)

            Kecepatan yang diperlukan sebuah benda yang dilemparkan ke atas dari permukaan sebuah benda langit agar benda itu bisa terlepas dari gravitasi benda langit tersebut.

 

kejut, gelombang

            Permukaan gas yang bergerak dalam suatu medium dengan kecepat­an suara akibat desakan benda yang bergerak dalam medium itu dengan kecepatan melebihi kecepatan suara.

 

kemiringan (obliquity)

            Sudut yang dibentuk oleh sumbu rotasi suato obyek dengan kutub orbitnya.

 

kepepatan, derajat

            Pada sebuah planet, ini adalah besaran yang dinyatakan dengan selisih jari-jari dalam arah ekuator dengan jari-jari dalam arah kutub dibagi dengan jari-jari dalam arah ekuator.

 

Kepler, hukum

            Hukum yang ditemukan oleh Johannes Kepler yang menguraikan pergerakan planet.

 

kerucut, irisan

            Kurva hasil perpotongan kerucut lingkaran tegak dengan sebuah bidang datar. Kurva ini bisa berupa elips, lingkaran, parabola atau hiperbola.

 

Kirkwood, celah

            Daerah di sekitar kedudukan asteroid yang tidak ditempati asteroid karena gangguan planet-planet besar.

 

klatrat (clathrate)

            Suatu senyawa di mana salah satu komponen molekulnya terpe­rangkap dalam kisi-ksi kristal komponen yang dominan.

 

komet

            Benda langit berbentuk gumpalan es kotor yang mengelilingi Matahari dalam lintasan berbentuk elips yang sangat lonjong. Saat berada di dekat Matahari sebagian materi yang ada di komet menguap akibat radiasi Matahari dan menghasilkan ekor.

kondrit (chondrite)

            Jenis meteorit batuan yang biasanya mengandung kondrul. Salah satu meteorit jenis ini misalnya meteorit kondrit karbon.

 

kondrul (chondrule)

            Butiran debu bulat, terdiri dari silikat yang kaya besi, alumunium dan magnesium. Bahan ini banyak terdapat di dalam batuan meteorit purba.

 

konduksi

            Proses hantaran energi secara langsung melalui hantaran oleh atom atau elektron.

 

konglomerat

            Batuan keras yang tersusun dari kumpulan batuan kecil-kecil yang bermacam-macam jenisnya.

 

konjungsi

            Konfigurasi planet saat bujur planet itu berada pada kedudukan yang sama dengan Matahari.

 

konjungsi atas (superior conjunction)

            Kedudukan planet inferior saat planet itu memiliki bujur yang sama dengan bujur Matahari dan terletak di belakang Matahari.

 

konjungsi dalam (inferior conjunction)

            Kedudukan planet inferior saat planet itu memiliki bujur yang sama dengan bujur Matahari dan terletak di antara Bumi dan Matahari.

 

konstelasi

            Konfigurasi bintang yang diberi nama tokoh-tokoh mitologi, binatang atau benda.

 

konveksi

            Proses hantaran energi melalui perpindahan materi yang membawa energi itu.

 

korona

            Bagian terluar angkasa Matahari.

 

korona, lubang

            Daerah di fotosfer Matahari yang tidak memancrkan pancaran-pancaran yang mebentuk korona.

 

kosmik, komposisi

            Jumlah materi yang terdapat pada materi antar bintang di sekitar kedudukan Matahari. Jumlah ini diperkirakan sama dengan jumlah materi yang membentuk tata surya kita.

 

kosmogoni

            Telaah tentang asal-usul dunia atau alam semesta.

 

kosmologi

            Telaah tentang struktur dan evolusi alam semesta.

 

kromosfer

            Daerah angkasa Matahari yang terletak di antara fotosfer dan korona.

 

K/T, peristiwa

            Terjadinya peristiwa kepunahan massal makhluk hidup 65 juta tahun yang lalu. Peristiwa yang berlangsung di antara zaman Cretaceous dan Tersier ini diduga berasal dari jatuhnya meteorit besar ke Bumi.

 

Kuiper, Sabuk

            Daerah di tata surya yang berbentuk lingkaran dan mengandung planetesimal yang tersusun dari es. Daerah ini berjarak 40-100 satuan astronomi dari Matahari. Pluto terdapat di bagian dalam Sabuk Kuiper ini.  

 

Lagrange, asteroid (satelit)

            Benda-benda langit yang menempati titik Lagrange pada suatu sistem orbit benda langit. Posisi benda-benda ini membentuk segitiga sama sisi terhadap benda-benda yang lebih besar. Contoh dari asteroid jenis ini adalah asteroid Troya yang menjadi benda ketiga dalam sistem Matahari dan Jupiter.

 

Lagrange, titik

            Lima buah titik yang terletak pada bidang tempat kedudukan sepasang benda langit yang saling mengorbit sesamanya. Benda ketiga yang massanya kecil dan terdapat di titik-titik ini akan berada dalam keadaan kesetimbangan terhadap dua benda yang lebih besar.

 

Lebar Sudut (lebih lengkap: lebar Sudut yang tercahayai, illuminated angular width)

lebar dari benda langit yang diukur dari tepi piringan yang terkena cahaya ke batas gelap-terang (terminator) benda langit. Ketika fase Bulan sabit, lebar sudut < ½ diameter sudut Bulan. Ketika fase Bulan perbani, lebar sudut = ½ diameter sudut Bulan; ketika fase Bulan cembung/benjol, ½ diameter sudut Bulan < lebar sudut < diameter sudut Bulan; ketika fase Bulan purnama = lebar sudut = diameter sudut Bulan.

 

lempeng, tektonik

            Pergerakan yang berlangsung pada kerak Bumi.

 

librasi

            Osilasi kecil yang berlangsung pada satelit yang memiliki orbit sinkron sehingga permukaan satelit yang bisa diamati dari benda yang dikitari satelit itu lebih dari setengah seluruh permukaan satelit.

 

lingkup Roche (Roche lobe)

            Satu daerah di sekeliling sebuah pasangan bintang ganda di mana gravitasi masing-masing bintang memberikan pengaruh kepada pasangannya satu sama lain sehingga terbentuklah daerah yang memiliki kuat medan gravitasi sama yang berbentuk angka delapan. Kedua bulatan yang melingkupi masing-masing bintang bertemu di titik Lagrange yang menjadi titik masuk aliran dari satu bintang ke bintang pasangannya saat berlangsungnya peluberan lingkup Roche

 

lingkup Roche, peluberan (Roche lobe overflow)

            Proses hantaran materi dari satu bintang ke bintang pasangannya pada pasangan bintang ganda ketika salah satu bintang sudah cukup lanjut evolusinya sehingga mengembang dan mengisi lingkup Rochenya. Peluberan ini akan mengakibatkan bintang ganda semi terpisah, atau bintang ganda kontak.

 

litosfer

            Bagian terluar lapisan Bumi yang terdapat sampai pada kedalam­an 50 - 100 km.

 

Lokal, Kelompok (Local Group)

            Kelompok gugusan galaksi tempat galaksi Bima Sakti menjadi anggotanya.

 

Lorentz, gaya

            Gaya yang dialami oleh partikel yang bergerak di dalam medan magnet.

 

luminositas

            Besaran yang menentukan jumlah total radiasi yang dipancarkan oleh suatu obyek.

 

luminositas, kelas

            Klasifikasi bintang menurut luminositasnya untuk satu kelas spektrum tertentu.

 

magma

            Batuan cair yang terdapat di bagian dalam suatu planet.

 

magnetohidrodinamika

            Telaah pergerakan aliran materi bermuatan listrik yang bergerak dalam medan magnet.

 

magnetosfer

            Daerah di sekeliling planet di mana pengaruh medan magnetnya lebih dominan dibanding­kan dengan angin surya.

 

magnetopause

            Bagian terluar magnetosfer suatu planet.

 

magnetosheath

            Daerah yang terletak di antara muka gelombang kejut dan magnetopause. Di daerah ini plasma angin surya bergerak mengelilingi magnetosfer.

 

magnetotail

            Bagian magnetosfer suatu planet yang memanjang akibat tiupan angin surya.

 

magnitudo bolometrik

            Besaran yang menunjukkan fluks radiasi suatu benda langit ayng diterima di atas atmosfer Bumi.

 

magnitudo semu

            Besaran yang menyatakan jumlah cahaya suatu obyek langit yang bercahaya yang sampai pada pengamat di Bumi.

 

magnitudo mutlak

            Magnitudo semu suatu obyek apabila obyek itu terletak sejauh 10 parsek.

 

mantel

            Lapisan suatu planet yang terletak di antara kerak dan intinya dan tersusun dari bahan berkerapatan tinggi.

 

mare

            Daerah berwarna gelap di bulan dan Mars yang relatif mulus dan berasal dari aliran basalt.

 

massa

            Besaran yang menunjukkan kuantitas materi pada suatu benda.

 

massa, defek

            Berkurangnya massa suatu inti atom relatif terhadap jumlah massa inti atom penyusunnya melalui suatu reaksi termonuklir.

 

Matahari, bintik

            Daerah di permukaan Matahari yang relatif lebih dingin diban­dingkan dengan permukaan Matahari sekitarnya.

 

Matahari, konstanta

            Jumlah radiasi Matahari yang diterima di atas atmosfer Bumi tiap satuan waktu, tiap satuan luas dan tegak lurus dengan arah Matahari.

 

Matahari muda, paradoks

       Kontradiksi antara adanya air yang terdapat pada saat Bumi masih muda (sekitar 4 milyar tahun yang lalu) dan perhitungan bahwa pada saat itu Matahari hanya memancarkan radiasi sebanyak 70% dari yang dipancarkannya sekarang. Pada saat itu seharusnya radiasi Matahari tidak cukup untuk membuat air di Bumi berada dalam keadaan cair, dan Bumi akan diselimuti es. Akan tetapi, bukti-bukti geologis menunjukkan bahwa pada saat itu air di permukaan Bumi berada dalam keadaan cair.

 

Matahari, proto

            Akumulasi materi yang akan menjadi Matahari.

 

Matahari, siklus bintik

            Perubahan jumlah bintang Matahari secara periodik dengan perioda sekitar 11 tahun.

 

Maunder, minimum

            Kurun waktu saat aktivitas  Matahari menjadi rendah sekali dan bintik Matahari yang nampak di permukaan Matahari menjadi sedikit sekali. Masa ini berlangsung antara tahun 1640 sampai 1710.

 

Maxwell, persamaan

            Seperangkat (empat buah) persamaan yang menyatakan medan di sekitar muatan listrik dan magnet, dan perubahan medan itu yang akan menghasilkan gaya dan radiasi elektromagne­tik.

 

merah, raksasa

            Bintang dingin yang berukuran besar dan berwarna merah. Bintang ini terletak pada bagian kanan atas dari diagram Hertzsprung-Russell.

 

merah, pergeseran

            Pergeseran pancaran spektrum radiasi galaksi-galaksi yang jaraknya jauh sekali ke arah panjang gelombang merah. Hal ini dianggap disebabkan oleh efek Doppler.

 

meridian (Bumi)

            Lingkaran besar di permukaan Bumi yang melewati suatu tempat tertentu dan kutub-kutub Bumi.

 

meridian (langit)

            Lingkaran besar yang melewati zenith pengamat dan kutub-kutub langit.

 

mesosfer

            Daerah di atmosfer yang terletak di antara stratosfer dengan termosfer. Di daerah ini temperatur menurun dengan bertambah­nya ketinggian.

 

metamorf, batuan

            Batuan yang berubah menjadi batuan jenis lain melalui proses pemanasan, tekanan, atau reaksi kimia oleh cairan yang ada di dalam batuan itu.

 

meteor

            Kilatan cahaya terang saat sebuah meteoroid memasuki atmosfer Bumi dan terbakar.

 

meteor sporadis

            Meteor yang tidak bersumber dari suatu hujan meteor.

 

meteor, hujan

            Sejumlah besar meteor yang nampak bergerak dari satu titik di langit. Peristiwa ini disebabkan berpapasannya Bumi dengan partikel-partikel meteoroid dalam lintasannya.

 

meteorit

            Meteoroid yang dalam lintasannya menembus atmosfer Bumi tidak habis terbakar dan jatuh ke permukaan Bumi.

 

meteoroid

            Pertikel meteorit yang masih melayang di angkasa sebelum masuk ke atmosfer Bumi.

 

mikrometeorit

            Meteorit yang ukurannya kurang dari 1 milimeter.

 

Mohorovicic, diskontinuitas

            Daerah perbatasan antara kerak dan mantel Bumi.

 

muka gelombang kejut (bow shock)

            Daerah perbatasan dalam magnetosfer suatu planet tempat terjadinya penurunan kecepatan angin surya. Di situ angin surya mengalami kenaikan suhu, termampatkan dan terbelokkan.

 

mulia, gas

            Gas-gas yang sulit bereaksi dengan unsur-unsur lain, yaitu helium, neon, argon, kripton, ksenon dan radon.

 

nadir

            Titik pada bola langit yang terletak 180o dari zenith.

 

nebula

            Awan debu atau gas antar bintang.

 

nebula, hipotesis

            Hipotesis yang menyatakan kalau Matahari dan planet-planet terbentuk dari awan gas dan debu antar bintang yang sama.

 

neutrino

            Sejenis partikel elementer yang diperkirakan tidak mempunyai massa. Ada tiga jenis neutrino, yaitu neutrino elektron, muon dan tauon.

 

netron, bintang

            Bintang yang sangat mampat dan sebagian materinya besar terdiri dari netron.

 

non termal, radiasi

            Lihat radiasi sinkrotron.

 

nova

            Bintang yang secara mendadak melepaskan radiasi, dan kecer­langannya meningkat ratusan sampai ribuan kali.

 

nukleosintesis

            Proses pembentukan unsur-unsur berat dari unsur yang lebih ringan. Proses ini berlangsung di inti bintang dan di ledakan supernova.

 

okultasi

            Lewatnya sebuah benda yang ukuran sudutnya besar di depan sebuah benda yang lebih kecil, seperti lewatnya bulan di depan sebuah bintang.

 

Oort, awan

            Daerah yang terletak sampai 100.000 satuan astronomi dari Matahari dan diperkirakan menjadi tempat kedudukan inti-inti komet.

 

orbit, resonansi

            Gejala yang terjadi ketika interaksi gravitasi antara dua anggota tata surya membuat harga perbandingan perioda orbit kedua objek ini berupa bilangan bulat. Sebagai contoh, selama Neptunus dua kali mengelilingi Matahari, Pluto berotasi tiga kali dalam orbitnya.

 

Objek Sabuk Kuiper

            Nama untuk berbagai objek yang terletak di Sabuk Kuiper, yaitu daerah yang terletak di bagian luar tata surya.

 

opasitas

            Kemampuan suatu medium menghalangi radiasi yang menembusnya.

 

oposisi

            Kedudukan suatu planet saat sudut elongasinya 180o.

 

oposisi solar

            Konfigurasi dimana objek berada di sisi yang berlawanan dengan Matahari.

 

optik, tebal

            Besaran yang menentukan berapa banyak suatu medium menyerap radiasi yang menembus­nya.

 

organik

            Senyawa yang mengandung karbon, tidak harus dihubungkan dengan kehidupan.

 

paleomagnetisme

            Orientasi medan magnet zaman dahulu yang terekam di dalam batuan.

 

palimpsest

            Semacam kawah berbentuk bulat pada satelit planet superior (planet luar) dan dianggap sebagai akibat benturan benda asing.

 

Pangaea

            Bergabungnya seluruh benua di Bumi menjadi satu benua maha raksasa 225 juta tahun yang lalu.

 

parabola

            Irisan kerucut dengan eksentrisitas 1. Bentuk ini dihasilkan oleh bidang yang memotong kerucut sejajar garis yang terletak pada selubung kerucut itu.

 

paralaks bintang

            Perpindahan kedudukan semu sebuah bintang akibat rotasi Bumi mengelilingi Matahari.

 

paralaks spektroskopik

            Penentuan jarak suatu bintang dengan cara membandingkan magnitudo semu bintang itu dengan magnitudo mutlaknya yang ditentukan dari spektrum bintang itu.

 

parsek (parsec)

            Jarak suatu bintang bila bintang itu memiliki paralaks 1 detik busur. Satu parsek = 3,26 tahun cahaya.

 

Pauli, prinsip eksklusi

            Prinsip dalam mekanika kuantum yang menyatakan bahwa dua partikel fermion sejenis tidak bisa memiliki posisi dan momentum yang sama.

 

pasang surut, pemanasan

            Timbulnya panas pada sebuah obyek akibat gaya pasang surut yang ditimbulkan oleh obyek lain yang lebih besar. Proses ini diduga berperan dalam membangkitkan vulkanisme di Io.

 

pasang surut, gaya

            Gaya gravitasi diferensial yang membuat sebuah benda mengalami perubahan bentuk.

 

penggelapan tepi

            Gejala yang terjadi pada sebuah bintang atau Matahari di mana bagian tepi piringan lebih gelap dibandingkan dengan bagian tengahnya.

 

perige bulan

             Konfigurasi ketika Bulan terletak paling dekat dengan Bumi.

 

perihelion

            Kedudukan sebuah planet saat mencapai jarak terdekat dengan Matahari.

 

perioda sideris

            Perioda revolusi sebuah benda langit diukur terhadap suatu bintang tertentu.

 

perioda sinodis

            Waktu yang diperlukan antara dua konfigurasi serupa suatu planet berturut-turut, misalnya dari oposisi ke oposisi, atau konjungsi ke konjungsi.

 

Piroksen

            Mineral batuan feromagnesium yang mengandung rantai tunggal inosilikat (Si2O6) yang sangat panjang. 

 

plage

            Daerah terang di permukaan Matahari yang diamati pada suatu panjang gelombang tertentu.

 

Planck, hukum radiasi

            Rumus untuk menghitung intensitas pancaran radiasi benda hitam pada berbagai panjang gelombang.

 

Planck, konstanta

            Konstanta yang menghubungkan energi foton dengan frekuensinya. Konstanta ini berharga 6,5256 x 10-34 joule detik.

 

plagioklas

            Sejenis feldspar dan merupakan mineral pembentuk batuan yang paling banyak terdapat.

 

planet

            Sembilan benda langit besar yang mengorbit Matahari. Bisa juga benda-benda gelap yang mengorbit bintang lain.

 

planetarium

            Alat untuk memproyeksikan bintang, planet dan pergerakannya pada sebuah kubah.

 

planetesimal

            Bahan-bahan dasar pembentuk planet dan asteroid yang ukurannya lebih besar dari ukuran debu dan gas.

 

planetologi

            Bidang ilmu yang mempelajari sifat-sifat fisika dan kimiawi planet-planet.

 

planetologi perbandingan

            Telaah ilmu keplanetan yang memberi penekanan pada kesamaan dan perbedaan planet-planet dan meninjaunya berdasarkan pada proses-proses yang berlaku menyeluruh di seluruh sistem keplanetan tersebut.

 

plasma

            Gas yang sangat terionisasi. Gas ini mengandung ion dan elektron dalam jumlah yang hampir sama banyaknya.

 

plasma angkasa, fisika (space plasma physics)

            Telaah magnetosfer planet, angin surya, korona Matahari dan interaksinya.

 

plasma, ekor

            Komponen ekor komet yang terionisasi dan terarah menjauhi Matahari.

 

plasma, torus

            Daerah berbentuk donat di sekeliling planet Jupiter dekat orbit Io dan merupakan daerah magnetosfer Jupiter yang paling aktif.

 

Prakambria

            Kurun waktu tertua dalam masa geologi. Berlangsung sebelum massa Kambria yang berlangsung sekitar 570 juta tahun yang lalu.

 

presesi

            Rotasi sumbu benda yang sedang berputar dan memiliki lintasan berbentuk kerucut.

 

primitif

            Dalam pembahasan planet-planet dan meteorit berarti benda yang secara kimiawi tidak mengalami perubahan sejak pembentukannya. Komposisi kimia benda ini sama dengan komposisi kimia tata surya awal. Istilah ini bisa juga berarti komposisi atmosfer suatu planet yang belum mengalami evolusi.

 

primordial

            Kurun waktu yang berlangsung di sekitar saat pembentukan tata surya, sekitar 4,6 milyar tahun yang lalu.

 

Principia

            Singkatan dari Philosophiae Naturalis Principia Mathematica, buku karangan Sir Isaac Newton yang menguraikan teorinya tentang gravitasi dan gerak benda.

 

prograde

            Lintasan orbit atau rotasi benda yang bergerak dalam arah berlawanan arah jarum jam dilihat dari kutub utara ekliptika.

 

proton

            Partikel elementer yang bermuatan positif dan terletak di inti atom.

 

proton-proton, siklus

            Siklus reaksi termonuklir pembentukan helium dari hidrogen.

 

protoplanet

            Akumulasi materi di calon Matahari yang nantinya akan menjadi planet.

 

pulsar (pulsating radio sources)

            Sumber pancaran gelombang radio yang memancarkan pulsa-pulsa radio dengan perioda yang sangat teratur, antara 0,03 sampai 5 detik.

 

quark

            Partikel elementer hipotetis, terdiri dari enam jenis (up, down, strange, charm, bottom dan top). Partikel dalam inti atom dianggap tersusun dari partikel-partikel ini. Quark tidak pernah terdapat dalam keadaan bebas.

 

radial, kecepatan

            Komponen kecepatan dalam arah garis pandang.

 

radiant

            Titik di langit yang tampak menjadi sumber hujan meteor.

 

radiasi

            Cara hantaran energi tanpa melalui medium.

 

radiasi sinkrotron

            Pancaran gelombang elektromagnetik yang keluar saat sebuah partikel bermuatan bergerak dalam lintasan spiral di dalam medan magnet.

 

radiogenik, panas

            Panas yang timbul akibat fisi (pembelahan) kalium, uranium, thorium dan bahan-bahan radioaktif lainnya.

 

radionuklide

            Isotop radioaktif suatu unsur.

 

raksasa merah

            Bintang dingin terang dan berwarna merah yang terletak pada bagian kanan atas diagram Hertzsprung-Russell.

 

regolith

            Lapisan debu dan pecahan batuan yang muncul akibat tumbukan meteorit. Lapisan ini menbentuk lapisan terluar dari planet, satelit dan asteroid.

 

relativitas khusus, teori

            Teori yang dirumuskan Albert Einstein yang mengungkapkan hubungan gejala-gejala fisis yang diukur oleh pengamat-pengamat yang bergerak relatif terhadap sesamanya.

 

relativitas umum, teori

            Teori dari Albert Einstein yang menyatakan hubungan medan gravitasi dengan pelengkungan ruang yang diakibatkan oleh medan gravitasi itu.

 

resolusi

            Suatu ukuran yang menyatakan sampai seberapa jauh benda-benda yang kecil ukurannya bisa diamati oleh suatu alat.

 

resonansi

            Suatu keadaan di mana suatu obyek yang mengorbit obyek lain mengalami gangguan gravitasi oleh obyek yang dikitarinya.

 

retrograde

            Gerak orbit atau rotasi yang berjalan mundur bila dibandingkan dengan arah gerak yang umum berlangsung di tata surya.

 

revolusi

            Pergerakan sebuah benda mengelilingi benda lainnya.

 

Roche, batas

            Jarak kritis di mana pada jarak yang lebih kecil dari jarak ini satelit yang mengorbit sebuah planet akan hancur akibat gaya gravitasi planet induknya.

 

satelit gembala

            Satelit yang memelihara struktur cincin suatu planet melalui interaksi gravitasinya. Contoh hal ini adalah Prome­theus dan Pandora yang menjadi satelit Saturnus di mana kedua satelit ini mengorbit tepat sebelah menyebelah cincin F.

 

Schwarschild, jari-jari

            Jari-jari horison peristiwa pada sebuah lubang hitam.

 

seismik, tomografi

            Teknik pembuatan peta tiga dimensi dari bagian dalam Bumi dengan cara analisis gelombang seismik.

 

sergotit (shergottite)

            Sejenis meteorit yang diduga berasal dari planet Mars.

 

silikat

            Batuan atau mineral yang struktur kristalnya didominasi oleh atom silikon dan oksigen.

 

sinkron, orbit

            Orbit suatu benda langit yang mengelilingi sebuah planet di mana perioda orbit benda sama dengan perioda rotasi planet induknya.

 

solstice

            Dua titik di bola langit tempat kedudukan Matahari saat berada paling jauh dari ekuator langit saat ia mengalami perubahan arah gerak, dari yang bergerak ke utara akan bergerak ke selatan dan sebaliknya. Solstice berasal dari kata Sol sistere (bahasa Latin) yang artinya Matahari berhenti karena pada waktu itu Matahari tampak diam di langit selama beberapa hari.

 

spektroskopi

            Telaah spektrum cahaya yang dipancarkan sebuah benda.

 

spektrum

            Deretan warna yang dihasilkan saat seberkas cahaya putih mengalami dispersi (penguraian warna) setelah lewat sebuah prisma atau kisi difraksi.

 

spektrum, kelas

            Klasifikasi bintang menurut spektrum bintang itu.

 

spicule

            Semburan materi yang terjadi di kromosfer Matahari.

 

Stefan-Botzmann, hukum

            Hukum yang menyatakan bahwa pada sebuah benda hitam yang memancar­kan radiasi, laju pancaran radiasinya akan sebanding dengan pangkat empat temperaturnya.

 

stishovite

            Sejenis silikat yang sangat mampat. Bahan ini terbentuk akibat panas dan tekanan yang amat tinggi saat terjadinya benturan meteorit.

 

stratigrafi

            Sejarah geologi suatu daerah ditinjau dari segi lapisan-lapisan batuannya.

 

stratosfer

            Salah satu lapisan atmosfer Bumi yang terletak di antara lapisan troposfer dan ionosfer. Di lapisan ini temperatur bertambah dengan bertambahnya ketinggian.

 

subduksi (subduction)

            Proses yng berlangsung saat kerak suatu planet terdesak masuk ke daerah mantel.

 

sub katai

            Bintang yang luminositasnya lebih rendah dari bintang deret utama yang bertipe sama dengan bintang sub katai ini.

 

sub raksasa

            Bintang yang luminositasnya lebih tinggi dari bintang deret utama tetapi lebih kecil dari bintang raksasa yang bertipe sama dengan bintang sub raksasa ini.

 

sumbu panjang

            Diameter maksimum sebuah elips.

 

sumbu pendek

            Diameter minimum sebuah elips.

 

supergranulasi

            Sel-sel konveksi di permukaan Matahari dengan ukuran yang sangat besar.

 

superior, planet

            Planet yang jaraknya dari Matahari lebih jauh dari jarak Bumi-Matahari.

superkluster

            Suatu daerah di langit (berukuran 50 sampai 100 juta tahun cahaya), tempat berkumpul­nya gugusan-gugusan galaksi.

 

supernova

            Ledakan yang berlangsung di tahap akhir kehidupan bintang. Ada dua tipe supernova, tipe I dan tipe II. Supernova tipe I terjadi pada pasangan bintang ganda yang salah satu anggotanya adalah bintang katai putih, di mana aliran materi yang datang dari pasangan bintang katai putih ini mengakibatkan adanya reaksi termonuklir yang eksplosif di permukaan bintang katai putih dan menghasilkan ledakan supernova. Supernova tipe II terjadi akibat adanya keruntuhan gravitasi pada bintang yang tidak lagi melakukan reaksi termonuklir di intinya sehingga tidak ada lagi yang bisa menahan proses keruntuhan gravitasi bintang tersebut.

 

superrotasi

            Rotasi atmosfer sebuah planet dengan laju lebih besar dari pada rotasi planet itu sendiri.

 

T-Tauri, bintang

            Bintang variabel yang periodanya tak beraturan dan memiliki spektrum emisi yang lebar. Mereka adalah bintang-bintang sangat muda yang belum mencapai deret utama.

 

tahun sideris

            Perioda revolusi Bumi mengelilingi Matahari diukur terhadap bintang.

 

tahun tropis

            Perioda revolusi Bumi mengelilingi Matahari diukur terhadap titik ekuinoks 21 Maret.

 

tektit

            Kaca silikat yang kecil dan bulat. Terbentuk saat jatuhnya meteorit ke Bumi.

 

tektonik

            Berhubungan dengan gaya-gaya yang bekerja pada kerak suatu planet.

 

terminator

            Perbatasan antara bagian benda langit (bulan, planet atau komet) yang mendapat cahaya Matahari dan yang tidak mendapat cahaya Matahari.

 

termodinamika

            Cabang ilmu fisika yang menelaah panas dan perpindahan panas antar medium.

 

termonuklir, reaksi

            Reaksi dan perubahan inti atom berat dari inti yang lebih ringan akibat tumbukan inti-inti atom yang lebih ringan pada temperatur yang amat tinggi.

 

termosfer

            Daerah di atmosfer di mana temperatur naik dengan bertambahnya ketinggian akibat pemanasan oleh ionosfer.

 

tholin

            bahan organik berwarnam kemerahan yang terbentuk dalam simulasi pancaran radiasi ultraungu yang dijatuhkan pada gas yang banyak terdapat di lingkungan planet.

 

titik belok

            Tempat berbeloknya bintang-bintang deret utama yang menjadi bintang raksasa merah dan membentuk cabang horisontal pada sebuah diagram Hertzsprung-Russell gugus galaksi atau gugus bola.

 

 

Titius-Bode, hukum

            Deret numerik yang dibuat pada abad 18 oleh Titius dan Bode yang menunjukkan jarak planet dari Matahari.

 

tripel alfa, proses

            Reaksi termonuklir pembentukan 3 inti helium menjadi satu inti karbon yang terdiri dari dua langkah reaksi.

 

tropopause

            Daerah perbatasan antara troposfer dengan stratosfer.

 

troposfer

            Daerah terbawah atmosfer Bumi tempat berlangsungnya kegiatan-kegiatan iklim Bumi.

 

van Allen, sabuk radiasi

            Daerah magnetosfer Bumi tempat terperangkapnya partikel-partikel bermuatan dari Matahari.

 

very-long-base-line interferometry

            Teknik pengamatan dalam panjang gelombang radio. Di sini dua teleskop radio yang terpisah jauh disinkronkan untuk mengamati obyek yang sama sehingga seolah-olah obyek diamati menggunakan teleskop radio yang berdiameter sama dengan jarak kedua teleskop radio itu.

 

vesta 

          Objek terbesar kedua di sabuk asteroid, dengan diameter sebesar 530 kilometer dan diperkirakan memiliki massa 9% dari massa seluruh sabuk asteroid.

 

Wien, hukum

            Rumus yang menyatakan bahwa perkalian temperatur sebuah benda hitam dengan panjang gelombang radiasi maksimum yang dipancar­kan benda itu adalah konstan.

 

zodiak

            Sabuk selebar 18o yang terletak sebelah menyebelah ekliptika.

 

zodiak, cahaya

            Pancaran cahaya lemah yang disebabkan hamburan cahaya Matahari oleh debu antar planet yang terletak di dekat bidang eklipti­ka. Debu ini datang dari tumbukan antar asteroid dan kegiatan komet.

 

zodiak, simbol

            Simbol astrologis untuk daerah-daerah selebar 30o sepanjang ekliptika. Bergerak ke arah timur dimulai dari titik vernal ekuinoks simbol-simbol ini adalah Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricornus, Aquarius dan Pisces.

 

 

 

 

Comments